Kamis, 11 Agustus 2011

JENIS-JENIS MEDIA KOMUNIKASI

      Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini berjalan begitu cepat. Hal ini seiring dengan kemajuan yang dicapai pada bidang ilmu pengetahuan pengetahuan dan teknologi. ke,ajuan komputasi dalam penggunaan komputer telah menunjukkan bahwa industri teknologi komunikasi dan informasi dunia benar-benar bergerak ke arah mobilitas menembus batas fisik, ruang dan waktu.
      Berdasarkan rentang waktunya, peralatan komunikasi dibedakan menjadi alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern.
1.Alat Komunikasi Tradisional
   Alat komunikasi tradisional adalah alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat zaman dahulu dimana penggunaannya masih menggunakan bahan-bahan dari alam. Beberapa diantaranya seperti:
a. Kentungan
    Kentungan adalah salah satu alat komunikasi tradisional yang digunakan oleh masyarakat zaman dulu. pada masa kerajaan kentungan juga digunakan pamong kerajaan jika hendak menyampaikan pesan dan perintah dari raja.
b. Asap
     Asap sangat populer digunakan ketika orang-orang zaman dahulu bertukar informasi yang bersifat rahasia. dalam penyampaiannya biasa ditujukan kepada musuh ataupun teman.
c. Daun Lontar
  Daun lontar populer digunakan sebagai alat komunikasi ketika zaman lebig maju pada zaman dahulu. dimana, pada saat orang-orang telah mulai mengenal bahasa tulisan dalam berkomunikasi. hal inbi dibuktikan dengan adanya penemuan prasati-prasati ataupun kitab-kitab dalam bentuk lontar. selain ketiga alat ini masih banyak terdapat alat-alat komunikasi tradisional.

2. Alat Komunikasi Modern
   Seiring dengan kemajuan teknologi, media komunikasi juga mengalami perkembangan dengan cepat. nerikut adalah beberapa alat komunikasi modern.
a.Televisi
    Televisi (TV) adalah alat yang biasa kita kenal sehari-hari. Pada TV gambar yang dihasilkan pada layar sebenarnya adalah serangkaian gambar diam yang ditampilkan berurutan dalam kecepatan tinggi. Untuk menghasilkan satu gambar, elektron ditembakkan di belakang layar televisi yang berbentuk tabung elektron. Bagian-bagian yang ada pada televisi antara lain: penembak layar, antena, pengatur waktu, pengatur warna, pengatur gambar, pengatur suara dan pemilih saluran atau biasa disebut control. Bagaimana meng-operasikan TV? Silakan kalian diskusikan dan amati semua tombol yang ada, pahami fungsi setiap tombol, kemudian coba sampai TV aman, dan nyaman untuk ditonton. 
b. Telepon 
     Prinsip kerja telepon yaitu mikropon telepon menangkap gelombang dan mengubahnya menjadi fluktuasi arus listrik. Arus dikirim lewat nomor telepon yang kita tekan, energi listrik diubah kembali menjadi gelombang suara sehingga orang dapat mendengar suara kita.
c.  Pager
Proyek pembuatan gedung besar, yang mempekerjakan banyak orang dengan suasana yang bising, banyak menggunakan alat komunikasi pager. Alat komunikasi  ini sebenarnya hanya untuk memanggil saja atau memberikan instruksi satu arah saja atau tidak interaktif. Infromasi yang akan disampaikan direkam oleh operator dan ditransformasikan dalam bentuk tulisan kemudian disam-paikan ke mesin pager.   
d.   Faksimile (Fax)
Faksimile adalah suatu alat untuk mengirim dan menerima informasi dalam bentuk cetak secara cepat, saat itu juga sampai di tujuan, faksimile-nya dalam keadaan aktif. Prinsip kerja dari faksimile yaitu informasi berupa tulisan diubah menjadi pulsa listrik, kemudian dikirim melalui jaringan telepon ke sentral dan dilanjutkan ke telepon yang dituju dan diteruskan kembali ke faksimile yang dituju.
 e. E-mail
Melalui internet kita bisa melakukan komunikasi dengan  e-mail  (elektronic mail) yang dapat mengirim dan menerima informasi baik tulisan maupun gambar dengan cepat. Dibandingkan dengan alat komunikasi yang lain, menggunakan e-mail adalah yang paling mudah dan murah. Untuk memiliki fa-silitas e-mail, kita harus melengkapi bagian-bagian dari alat internet antara lain: komputer, modem, program internet, telepon, dan sentral internet.
f. Handphone
Handphone sering disebut sebagai telepon genggam karena membawanya dengan digenggam oleh tangan.
Prinsip kerja alat ini hampir sama dengan telepon biasa, bedanya bisa dibawa kemana-mana (bersifat mobile) karena tidak menggunakan kabel penghubung tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik yang dihubungkan ke sentral kemudian ke penerima. Kelemahannya adalah untuk daerah yang jauh dari sentral maka alat tersebut tidak dapat bekerja dengan baik karena tergantung kuat lemahnya sinyal.
Berbagai inovasi terus dikembangkan dalam dunia handphone, perkembangan inovasi tersebut akhirnya memungkinkan handphone tak lagi hanya berfungsi untuk komunikasi suara, tetapi juga bisa berfungsi untuk berbagai keperluan antara lain: SMS (Short Message Service)/ MMS (Multimedia Message Service) dan Video Streaming.
SMS ataupun MMS mempunyai prinsip kerja yang sama namun berbeda pada  jenis data yang dibawa.  SMS untuk pesan yang bersifat teks sedangkan MMS dapat berisi suara, gambar, movie  Saat menerima pesan SMS/MMS dari handphone (mobile originated) pesan tersebut tidak langsung dikirimkan ke handphone tujuan (mobile ter-minated), akan tetapi dikirim terlebih dahulu ke SMS Center (SMSC) yang biasanya berada di kantor operator telepon, baru kemudian pesan tersebut diteruskan ke handphone tujuan.  Kita dapat mengetahui status dari pesan SMS yang telah dikirim, apakah telah sampai atau gagal. Apabila handphone tujuan dalam keadaan aktif dan dapat menerima pesan SMS yang dikirim, ia akan mengirimkan kembali pesan konfirmasi ke SMSC yang menyatakan bahwa pesan telah diterima. Kemudian SMSC mengirimkan kembali status tersebut kepada si pengirim. (multimedia). selain yang diatas masih banyak lagi alat komunikasi modern lainnya.













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar